Minggu, 28 April 2024

Pengalaman Ganti Meteran Listrik Rusak

Apakah meteran listrik di rumah Anda sedang rusak? Bingung bagaimana cara menggantinya? Kalau diganti, apakah harus bayar? Nah, tenang saja, di sini Mimin akan membahas semuanya.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengalaman seputar penggantian meteran listrik rumah yang mengalami kerusakan.

Jadi, ceritanya sekitar sebulan lalu, tepatnya di bulan puasa, meteran listrik PLN yang terpasang di rumah Mimin mengalami kerusakan.

Entah mulai kapan rusaknya, tapi kerusakan tersebut baru Mimin ketahui sewaktu akan memasukkan kode token listrik ke meteran, di mana salah satu tombolnya tidak berfungsi, kalau tidak salah ingat tombol angka 9.

Cek per cek, ternyata meteran listrik ini kemasukan semut, bukan 1 atau 2 semut tapi ada ratusan semut yang bersarang di dalam meteran listrik Mimin.

Mimin langsung yakin penyebab tidak berfungsinya tombol ini pasti karena semut-semut tersebut.

Mimin kemudian mencoba memencet tombol angka 9 berulang kali berharap tombol tersebut berfungsi, sambil menjalankan tips yang pernah Mimin tulis di sini: Mengatasi Tombol Token Listrik Tidak Bisa Dipencet.

Namun, tombol tersebut tetap tidak berfungsi, sepertinya meteran listrik Mimin memang telah rusak.

Agak sedikit panik waktu itu, karena persediaan listrik di kWh meter tersisa sedikit, ditambah hari sudah sore, tidak lama lagi masuk waktu berbuka puasa.

Langsung Melapor ke PLN

Mimin pun segera mengambil HP dan membuka aplikasi PLN Mobile untuk melaporkan kejadian kerusakan meteran listrik ini ke pihak PLN.

Di sini Mimin salut dengan kinerja pelayanan PLN, karena tidak lama setelah laporannya masuk (mungkin sekitar 15 menit), HP Mimin berdering ada telepon dari petugas PLN setempat dan mengatakan akan berkunjung untuk pengecekan meteran.

Akhirnya, beberapa orang petugas PLN telah sampai di rumah dan melakukan pemeriksaan meteran listrik.

Si petugas menyatakan meteran ini telah rusak dan akan dilakukan penggantian meteran baru.

Apakah Ganti Meteran Listrik Rusak Harus Bayar?

Jadi, penting Mimin informasikan, penggantian meteran listrik yang rusak itu tidak dipungut biaya sepeser pun (gratis/tidak bayar) asal kerusakannya itu bukan karena kesengajaan atau kelalaian.

Seperti yang Mimin alami di atas, kerusakannya karena kemasukan semut mengakibatkan salah satu tombolnya tidak berfungsi.

Mengapa tidak dipungut biaya penggantian meteran? Karena, sebenarnya setiap meteran listrik yang terpasang di rumah pelanggan merupakan milik PLN, sehingga saat terjadi kerusakan menjadi tanggung jawab PLN.

Kecuali, jika rusaknya itu karena kelalaian pemilik rumah (misalnya diutak-atik), maka si pemilik rumah yang harus bertanggung jawab berupa pembayaran denda yang nilainya bisa jutaan rupiah.

Sudah banyak yang kena denda merusak meteran, seperti yang pernah dialami oleh salah seorang pelanggan PLN ini: denda merusak meteran.

Cara Melaporkan Kerusakan Meteran Listrik

Sebagaimana yang Mimin sampaikan di awal, kejadian kerusakan meteran listrik ini Mimin laporkan ke PLN melalui aplikasi PLN mobile (online).

Anda juga bisa mengikuti cara ini, sehingga tidak perlu repot-repot lagi ke kantor PLN. Tenang saja, pasti langsung direspon kok laporannya.

Namun, sebelum itu Anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi PLN mobile di HP, cari aplikasinya di Play Store untuk Android atau di App Store untuk IOS.

Setelah aplikasi terpasang, selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke PLN Mobile.
  • Daftar dan masukkan semua data yang diminta sebagai pengguna baru (pengguna lama bisa lewati tahap ini).
  • Klik menu Pengaduan.
  • Pada bagian topik pengaduan, klik pilihan Permasalahan kWh Meter Pasca Bayar dan Pra Bayar.
  • Setelah itu, Anda akan melihat pilihan nomor rekening rumah yang terdaftar, klik pilihan tersebut.
  • Selanjutnya, Anda akan melihat peta titik lokasi meteran listrik atau rumah. Jika sudah benar titiknya, klik Konfirmasi >> Ya.
  • Pada kolom Deskripsi, isikan keluhan Anda, dalam hal ini kerusakan meteran listrik. Jangan lupa upload foto kondisi meteran saat ini melalui menu yang telah disediakan.
  • Terakhir, klik Kirim Pengaduan.
  • Selesai.

Setelah melakukan seluruh tahapan di atas, maka berarti laporan Anda sudah masuk ke PLN.

Selanjutnya, Anda sisa menunggu telepon dari petugas PLN melalui nomor yang Anda daftarkan di aplikasi.

Baca Juga:

Demikianlah cerita pengalaman kerusakan meteran listrik yang pernah Mimin alami, semoga ada manfaatnya, terima kasih.