Kamis, 30 November 2023

Kabel 0.75 mm untuk Berapa Watt? Ini Penjelasannya!

Terdapat beragam jenis ukuran kabel listrik yang tersedia sekarang ini, masing-masing memiliki spesifikasi daya tertentu. Bagaimana dengan kabel 0'75 mm2? Berapa watt daya yang mampu dialirkan? Simak penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengetahuan seputar penggunaan kabel listrik di dalam instalasi.

Seperti yang kita tahu, kabel merupakan komponen pokok pada instalasi kelistrikan, di kabel inilah arus atau daya akan mengalir sepanjang waktu, dari sumber tegangan ke setiap peralatan listrik yang membutuhkan.

Kabel listrik sendiri terdiri dari bermacam-macam ukuran penampang, yang umum dinyatakan dalam satuan mm2 (millimeter persegi).

Penting diketahui bahwa ukuran tersebut ada kaitannya dengan kemampuan dalam menghantarkan arus/daya, di mana semakin besar ukuran kabel, maka semakin besar pula arus yang bisa dihantarkan.

Dalam ilmu kelistrikan, kemampuan ini sering diistilahkan dengan KHA atau Kemampuan Hantar Arus, KHA inilah yang wajib menjadi acuan dalam pemilihan kabel.

Sebab, jangan sampai terjadi ukuran kabel yang digunakan tidak sesuai dengan besaran daya yang akan mengalir, misalnya penggunaan kabel kecil di daya besar, akibatnya bisa fatal.

Lantas, bagaimana dengan kabel berukuran 0.75 mm2? Berapa watt daya yang bisa dihantarkan?

Baiklah, untuk mengetahuinya langsung saja simak uraian berikut ini...

Kemampuan Hantar Arus Kabel 0.75 mm2

Untuk diketahui, berdasarkan tabel K.52.3.1 PUIL 2011, kabel berukuran 0.75 mm2 memiliki KHA sebesar 7 Ampere.

Jika dikonversikan ke dalam daya rumah tangga 220 Volt, maka nilai KHA tersebut setara dengan 7 A x 220 Volt = 1.540 watt.

Namun, nilai daya hitung ini merupakan kemampuan daya tertinggi yang bisa ditangani oleh kabel 0.75 mm2 yang sudah memperhitungkan kondisi terjadinya lonjakan daya tiba-tiba.

Tentu saja, karena alasan keselamatan, kita tidak dibolehkan untuk mengaliri sebuah kabel dengan daya yang setara dengan kemampuan tertingginya, kabel akan rawan panas atau terbakar.

Oleh karena itu, kita ambil besaran daya aman dengan cara membagi 2 nilai daya hitung di atas, sehingga menjadi 1.540 watt : 2 = 770 watt.

Dari hasil perhitungan ini, maka bisa disimpulkan bahwa kabel berukuran 0.75 mm2 aman dialiri daya sampai dengan 770 watt.

Baca Juga:

Jadi, misalnya Anda memiliki kabel berukuran 2 x 0.75 mm2, maka kabel tersebut boleh digunakan untuk peralatan listrik berdaya rendah sampai 770 watt, misalnya kabel untuk lampu.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan uraian di atas, maka kabel ukuran 0.75 mm2 bisa digunakan untuk mengalirkan daya sampai dengan 770 watt.

Demikianlah pembahasan tentang besaran watt yang bisa dialirkan oleh kabel ukuran 0.75 mm2, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.