Sabtu, 16 September 2023

Cara Mengatasi Meteran Listrik ada Tulisan Periksa

Salah satu masalah yang kerap di alami oleh meteran listrik prabayar/token adalah munculnya tulisan periksa di layar. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya di sini...

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi panduan dalam mengatasi adanya tulisan periksa pada layar meteran listrik prabayar atau pulsa.

Artikel ini terinspirasi dari inbox seorang kawan beberapa hari lalu, di mana ia menanyakan perihal solusi dari meteran listriknya yang mengeluarkan tulisan periksa pada layar display.

Masalah ini mulai ia sadari saat ia hendak memasukkan kode token ke meteran. Si kawan melihat di layar meterannya terdapat tulisan periksa.

Ia pun mencoba untuk memasukkan saja kode tokennya, dan ternyata token tersebut tidak bisa masuk atau gagal terisi.

Sebenarnya, masalah munculnya tulisan periksa di layar meteran telah cukup sering dilaporkan oleh para pelanggan listrik prabayar PLN.

Mimin sering membaca keluhan orang-orang di facebook yang mengalami masalah tulisan periksa pada layar meterannya.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Nah, sebelum itu mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu tulisan Periksa dan penyebab kemunculannya.

Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Tulisan "Periksa" di Layar Meteran Listrik

Sebenarnya, tulisan "Periksa" yang muncul pada layar kWh meter merupakan bagian dari sistem peringatan meteran listrik prabayar, yang menandakan bahwa sedang terjadi masalah pada kelistrikan kita.

Seperti yang kita tahu, pelanggan listrik prabayar PLN menggunakan meteran listrik pintar (smart meter) yang telah dilengkapi dengan serangkaian teknologi canggih.

Bukan hanya untuk mengukur konsumsi listrik pelanggan, tetapi meteran listrik ini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi gangguan listrik yang sedang terjadi.

Jadi, ketika pesan "Periksa" muncul di layar meteran listrik, ini adalah cara sistem pintar tersebut memberitahu kita bahwa ada sesuatu yang perlu diperhatikan.

Dengan kata lain, kita harus menghentikan penggunaan listrik untuk sementara dan memeriksa permasalahan listrik di dalam instalasi.

Jenis-Jenis Tulisan "Periksa" di Meteran Listrik

Sekedar informasi, tulisan "Periksa" yang sering muncul di layar meteran listrik prabayar, terdiri dari beberapa jenis, penjelasannya bisa dilihat melalui gambar berikut ini (klik gambar agar tampil semuanya):

Penyebab Munculnya Tulisan "Periksa"

Berdasarkan keterangan dari pihak PLN, sebagaimana yang termuat di dalam facebook resminya, ada 4 penyebab munculnya tulisan periksa di layar meteran listrik prabayar, antara lain:

1. Pengawatan (Wiring) kWh Meter Terbalik

Pengawatan (wiring) kWh meter yang terbalik bisa menjadi salah satu penyebab munculnya tulisan "Periksa" pada layar meteran listrik.

Seperti yang kita ketahui, terdapat sambungan kabel berwarna hitam dari tiang listrik menuju kWh meter, yang sering disebut sebagai kabel SR (Sambungan Rumah).

Kabel SR ini terdiri dari fase (arus) dan netral, yang terkadang terjadi kesalahan pemasangan, posisi kabel fase dan netral terbalik.

Nah, kesalahan pemasangan ini akan terdeteksi di meteran listrik prabayar dan memunculkan peringatan berupa tulisan "Periksa".

2. Tutup Terminal atau Tutup kWh Meter Terbuka

Coba perhatikan kWh meter prabayar Anda, di bagian bawahnya terdapat tutup transparan yang menutupi komponen MCB kWh meter.

Penutup transparan ini berfungsi sebagai pelindung terhadap komponen MCB (Miniature Circuit Breaker) meteran listrik, agar tidak diutak-atik oleh pihak yang tidak berwenang.

Sebab, ada banyak kasus pelanggan nakal yang mengganti sendiri MCB kWh meternya, padahal tindakan ini sangat dilarang oleh PLN dan pelakunya bisa dikenai sanksi/denda.

Baca Ini: Denda Mengganti MCB PLN.

Kasus ini sering terjadi di meteran listrik pascabayar yang memang tidak menggunakan smart meter token/pulsa.

Maka dari itu, di meteran listrik prabayar, PLN mengatasi ini dengan menambahkan sistem proteksi berupa penutup kWh meter yang terhubung langsung dengan sistem kWh meter.

Ketika penutup tersebut terbuka, maka meteran akan langsung merespon dengan mengaktifkan fitur peringatan berupa tulisan "Periksa".

3. Ada Indikasi Penyalahgunaan Listrik

Tulisan periksa juga bisa menjadi pertanda adanya indikasi penyalahgunaan listrik di rumah pelanggan, misalnya memasang alat tertentu yang bisa memengaruhi pengukuran listrik di kWh meter.

Di meteran listrik pascabayar, mungkin alat ini bisa dipasang tanpa mengalami gangguan, sehingga akan sulit diketahui PLN jika tidak melakukan pemeriksaan.

Namun, pada meteran listrik prabayar, pemasangan alat seperti ini akan cepat terdeteksi oleh sistem proteksi kWh meter dengan mengeluarkan peringatan "Periksa".

4. Ada Indikasi Gangguan Instalasi Listrik

Berkat kecanggihan teknologi meteran listrik prabayar, gangguan instalasi listrik yang terjadi di dalam rumah bisa terdeteksi melalui meteran.

Hal ini tentu saja sangat berguna sehingga pemilik rumah dapat langsung melakukan pemeriksaan dan perbaikan pada titik gangguan.

Beberapa jenis gangguan instalasi listrik yang bisa menyebabkan munculnya tulisan "Periksa", antara lain:

  • kebocoran arus pada kabel.
  • kabel ground dan netral menyatu.
  • grounding dijadikan netral.

Cara Mengatasi Tulisan "Periksa" di Meteran Listrik

Sebenarnya, tulisan "Periksa" di layar meteran listrik prabayar dapat dihilangkan dengan memasukkan kode clear tamper, yaitu 20 digit angka yang dimasukkan melalui keypad meteran.

Namun, tulisan "Periksa" ini akan muncul kembali jika penyebab utamanya tidak terlebih dahulu diatasi, sehingga kita mungkin akan membutuhkan bantuan seorang teknisi listrik.

Masalahnya, tidak semua teknisi listrik memiliki kewenangan untuk melakukan pemeriksaan atau perbaikan instalasi, apalagi jika kerusakan tersebut ada kaitannya dengan meteran listrik.

Penting diketahui, meteran listrik itu merupakan kewenangan penuh pihak PLN.

Olehnya itu, cara paling aman untuk mengatasi masalah tulisan "Periksa" ini adalah dengan melaporkannya ke kantor PLN, karena kalau sudah berkaitan dengan meteran listrik, maka hanya PLN yang berwenang.

Cara melapornya sangat mudah, tidak perlu datang ke kantor karena bisa dilakukan via telepon di nomor kontak PLN: (kode area) 123.

Misalnya, jika Anda berada di Makassar maka masukkan nomor (0411) 123.

Petugas PLN akan datang ke rumah Anda dan melakukan pemeriksaan instalasi untuk mencari penyebab munculnya tulisan "Periksa" tersebut.

Tenang saja, proses pemeriksaan dan perbaikan ini tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis,

Demikianlah penjelasan tentang Cara Mengatasi Meteran Listrik ada Tulisan Periksa, bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat, terima kasih.