Senin, 28 Maret 2022

Perbandingan Watt Lampu LED dengan Lampu Biasa

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini akan menjelaskan perbandingan watt antara lampu LED dengan lampu biasa.

Seperti yang kita tahu, lampu LED dewasa ini semakin populer dipilih oleh banyak orang sebagai penerang ruangan karena keunggulannya yang hemat listrik.

Bagaimana tidak, meskipun watt-nya rendah tetapi sebuah lampu LED mampu menghasilkan cahaya yang setara dengan watt tinggi dari lampu biasa.

Apalagi jika watt-nya sama, maka lampu LED memiliki cahaya yang lebih terang dari lampu biasa.

Lantas, seperti apa memang perbandingan watt lampu LED dengan lampu biasa? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Perbandingan Watt Lampu LED dengan Lampu Biasa

Berdasarkan intensitas cahaya yang dihasilkan (lumen), 1 watt lampu LED setara dengan 2 watt lampu CFL dan 5 watt lampu pijar biasa.

Tiap watt lampu LED menghasilkan 75 lumen, sedangkan lampu CFL sebesar 40 lumen/watt dan lampu pijar tungsten sebesar 14 lumen/watt.

Itulah sebabnya mengapa sehingga selalu lebih menguntungkan menggunakan lampu LED dibandingkan dengan lampu biasa (CFL dan pijar).

Sebagai contoh, lampu LED 7 watt setara dengan 20 watt lampu CFL dan 35 watt lampu pijar biasa.

Sedangkan, lampu led philips 10 watt setara dengan 25 watt lampu CFL dan 50 watt lampu pijar tungsten.

Jika ruang keluarga yang idealnya membutuhkan cahaya 500 lumen, maka kebutuhkan ini bisa dipenuhi hanya dengan sebuah lampu LED sebesar 8 watt.

Tetapi, jika menggunakan lampu CFL, maka ruang keluarga di atas membutuhkan 18 watt dan akan lebih besar lagi jika menggunakan lampu pijar, yaitu sekitar 40 watt.

Dengan cahaya yang sama, mengapa lampu LED bisa lebih rendah watt dibandingkan lampu biasa?

Penyebabnya tidak lain adalah teknologi lampu yang digunakan.

LED merupakan kependekan dari Light Emitting Diode, salah satu jenis dari keluarga semikonduktor yang akan mengeluarkan cahaya ketika dialiri arus listrik.

LED yang menghasilkan cahaya warna putih hanya membutuhkan tegangan sekitar 4 volt untuk menghasilkan cahaya terang.

Kelebihan lainnya adalah tidak menghasilkan panas, artinya rugi daya bisa diminimalkan sehingga penggunaan listriknya lebih efisien.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan tentang perbandingan watt lampu LED dengan lampu biasa, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.