Senin, 06 Mei 2024

MCB 20 Ampere Berapa Watt? Segini Besarnya!

Apakah Anda sedang mencari MCB 20 Ampere? Tahukah Anda untuk berapa watt daya penggunaan MCB ini? Nah, Mimin telah menjelaskannya di sini, yuk disimak...

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi informasi seputar penggunaan MCB 20 Ampere pada instalasi kelistrikan.

Sebagaimana yang dipahami, MCB merupakan komponen wajib pada setiap instalasi kelistrikan, fungsinya sebagai pembatas daya sekaligus sebagai pengaman jika sewaktu-waktu terjadi trouble pada instalasi.

MCB itu sendiri terdiri dari bermacam-macam ukuran, yang dinyatakan dalam Ampere, mulai dari 1 Ampere s.d. puluhan Ampere.

Masing-masing ukuran mewakili besaran watt daya tertentu, semakin besar ukuran Ampere-nya, semakin besar pula watt daya yang bisa ditangani.

Salah satunya adalah MCB ukuran 20 Ampere, MCB yang menjadi fokus pembahasan kita sekarang ini.

Lantas, untuk berapa watt daya dari MCB 20 Ampere? Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Spesifikasi Daya MCB 20 Ampere

Untuk diketahui, MCB 20 Ampere adalah MCB dengan kemampuan batasan daya sebesar 4400 Watt pada tegangan listrik 220 Volt.

Angka 20 Ampere menunjukkan nilai maksimal arus yang mampu dilewatkan oleh MCB ini. Saat arus yang lewat lebih dari ini, maka MCB akan trip/jeglek.

Untuk membedakannya dengan ukuran MCB lainnya, MCB 20 Ampere diberi kode C20 atau CL20 pada bodynya.

MCB C20 dapat ditemukan dengan bebas di pasaran, sedangkan MCB CL20 hanya dimiliki oleh PLN untuk keperluan pemasangan instalasi pelanggan.

Baca di sini: Perbedaan MCB CL dan C.

MCB 20 Ampere sering ditemukan penggunaannya pada instalasi listrik rumah tangga, PLN memasangnya pada pelanggan 4400 Watt.

Kesimpulan

Jadi, MCB 20 Ampere adalah MCB dengan kemampuan batasan daya sebesar 4400 Watt, dicirikan oleh kode C20 atau CL20 pada bodynya.

Demikianlah penjelasan tentang besar Watt MCB 20 Ampere, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.