Senin, 06 Mei 2024

4 Ampere Berapa Watt? Tergantung Voltnya, Ini Rumusnya!

Tahukah Anda 4 Ampere itu sama dengan berapa Watt? Jawabannya bisa berbeda-beda karena besarnya bergantung pada nilai volt yang dipakai. Yuk, pelajari cara menghitungnya di sini...

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan menjawab salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan netizen di Google, yakni 4 Ampere sama dengan berapa Watt.

Ampere dan Watt sama-sama dikenal sebagai satuan kelistrikan, di mana keduanya digunakan untuk menyatakan dua besaran listrik yang berbeda.

Ampere (A) untuk menyatakan besarnya arus listrik, sedangkan Watt (W) menyatakan besarnya daya listrik.

Dalam kelistrikan, keduanya memang saling berkaitan, tetapi kita tidak bisa mengetahui secara langsung besarnya Watt hanya dari Ampere arus listrik saja.

Untuk tujuan tersebut, maka dibutuhkan satu besaran listrik tambahan agar pencarian nilai Watt suatu arus memungkinkan dilakukan.

Besaran tambahan tersebut adalah tegangan listrik dengan Volt (V) sebagai satuannya.

Nah, dengan kehadiran tegangan listrik, maka pencarian Watt daya sudah bisa dilakukan.

Bagaimana caranya? Baiklah langsung saja simak uraian berikut ini...

Rumus Menghitung Watt Daya

Ada sebuah rumus yang bisa digunakan untuk menghitung besarnya Watt daya, rumus ini sekaligus menunjukkan mengapa besaran tegangan listrik diperlukan.

Rumus tersebut adalah P = V x I, di mana P = daya listrik (Watt), V = tegangan listrik (Volt), dan I = arus listrik (Ampere).

Rumus ini menjelaskan bahwa untuk mengetahui Watt suatu daya, maka kita perlu mengalikan antara nilai arus listrik (Ampere) dan nilai tegangan listrik (Volt).

Besar Watt dari 4 Ampere

Dari rumus daya, bisa diketahui bahwa besar Watt dari 4 Ampere akan berbeda-beda karena bergantung pada besarnya tegangan listrik yang digunakan.

Misalnya, tegangan listrik yang dipakai sebesar 5 volt, maka 4 Ampere akan menghasilkan Watt sebesar:

P = 5 Volt x 4 Ampere = 20 Watt

Saat tegangannya diperbesar menjadi 220 volt, maka 4 Ampere menghasilkan Watt sebesar:

P = 220 Volt x 4 Ampere = 880 Watt

Dari perhitungan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa besar Watt dari 4 Ampere dipengaruhi oleh nilai tegangan listrik, semakin besar maka semakin besar pula Watt-nya, begitupun sebaliknya.

Kesimpulan

Jadi, arus listrik 4 Ampere akan menghasilkan nilai Watt yang berbeda-beda karena bergantung pada besar tegangan listriknya. Sebagai contoh, tegangan 5 volt akan menghasilkan 20 Watt dan tegangan 220 volt menghasilkan 880 Watt.

Demikianlah cara mencari 4 Ampere itu sama dengan berapa Watt, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga: