Jumat, 07 Oktober 2022

Inilah Perbedaan MCB CL dan C

Udah tahu belum apa perbedaan MCB kode CL dan C? Gak usah bingung, mimin telah menjelaskannya secara lengkap di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, pada kesempatan kali ini mimin akan membahas suatu hal yang berkaitan dengan MCB, yaitu perbedaan kode CL dan C pada MCB.

Ternyata, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan kedua jenis MCB ini, sehingga ketika mencari MCB, mereka tidak terlalu memperhatikan kodenya.

PLN sendiri menggunakan MCB kode CL pada instalasi listrik di bawah meteran, sementara MCB kode C sering digunakan sebagai MCB tambahan pembagi daya.

Lantas, apa sih perbedaan signifikan dari keduanya?

Baiklah, untuk mengetahuinya, langsung saja simak uraian berikut ini...

Perbedaan MCB CL dan C

Untuk diketahui, perbedaan utama dari MCB kode CL dan C adalah terletak pada karakteristik kurva trip (tripping curve), yaitu parameter yang menunjukkan pada beban arus berapa MCB akan trip.

Tripping curve dari MCB kode CL berada pada rentang 4 In s/d 6 In, artinya MCB tipe CL akan trip ketika dilalui arus sebesar 4 kali s/d 6 kali dari nilai ampernya.

Sementara itu, tripping curve dari MCB kode C berada pada rentang 5 In s/d 10 In, artinya MCB tipe C akan trip ketika dilalui arus sebesar 5 kali s/d 10 kali dari nilai ampernya.

Misalnya, jika terdapat dua buah MCB dengan kode CL dan C yang sama-sama bernilai 2 A, MCB CL akan trip ketika dilalui arus sebesar 6 A (3 x 2 A), sedangkan MCB C akan trip di arus 10 A (5 x 2 A).

Dari penjelasan ini terlihat bahwa MCB CL lebih cepat trip daripada MCB C, dengan kata lain lebih cepat merespon terjadinya lonjakan arus.

Mungkin inilah sebabnya mengapa sehingga PLN memakai MCB tipe CL untuk mengatasi lonjakan arus di rumah-rumah pelanggan.

Kesimpulan

Jadi, perbedaan utama dari MCB kode CL dan C adalah terletak pada karakteristik kurva trip (tripping curve), di mana MCB CL sebesar 4 In s/d 6 In, sedangkan MCB C sebesar 5 In s/d 10 In.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan MCB Cl dan C, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.