Jumat, 07 Oktober 2022

Inilah Perbedaan MCB PLN dan Toko

Sudah tahukah Anda apa perbedaan MCB PLN dengan MCB yang dijual di toko? Gak usah bingung, yuk cari tahu penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi pengetahuan seputar MCB, yakni perbedaan antara MCB PLN dan MCB toko.

Seperti yang kita tahu, MCB PLN adalah MCB listrik yang dipasang oleh PLN di bawah meteran ketika melakukan pemasangan instalasi listrik baru di rumah pelanggan.

Sebenarnya, bukan hanya dari PLN saja kita bisa mendapatkan MCB, tetapi komponen listrik yang satu ini dapat dibeli dengan bebas di toko-toko kelistrikan.

Merk dan harganya pun bervariasi, bahkan merk-merk yang selama ini digunakan oleh PLN ada juga tersedia di toko, seperti merk Schneider, ABB, dan Merlin Gerin.

Jika memang tersedia di toko, lantas apa bedanya dengan MCB PLN?

Baiklah, untuk mengetahuinya langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Perbedaan MCB PLN dan Toko

Untuk diketahui, perbedaan antara MCB PLN dan toko terletak pada kode yang digunakan, di mana MCB PLN menggunakan kode CL, sedangkan MCB toko menggunakan kode C.

Kode CL dan C menandakan batas lonjakan arus maksimal yang membuat masing-masing MCB ini trip atau jeglek.

MCB PLN dengan kode CL akan trip ketika terjadi lonjakan arus sebesar 3 s/d 6 kali dari beban arus kerjanya, misalnya MCB PLN CL4 akan trip pada arus 12 A (3 x 4 A).

Sementara itu, MCB toko dengan kode C akan trip ketika terjadi lonjakan arus sebesar 5 s/d 10 kali dari beban arus kerjanya, misalnya MCB toko C4 akan trip pada arus 20 A (5 x 4 A).

Pada MCB PLN juga biasanya terdapat label bertuliskan "Milik PLN" dan logo yang menandakan bahwa MCB tersebut berasal dari PLN.

Selain itu, MCB PLN dan MCB toko juga berbeda dalam hal titik pemasangan, di mana MCB toko hanya boleh dipasang di dalam rumah sebagai MCB tambahan pembagi daya dari MCB utama.

Sedangkan, MCB di bawah meteran adalah MCB utama yang hanya boleh ditempati oleh MCB PLN

Inilah sebabnya mengapa sehingga kita tidak diperbolehkan untuk mengganti MCB di bawah meteran dengan MCB selain milik PLN.

Kesimpulan

Jadi, perbedaan antara MCB PLN dan toko terletak pada kode yang digunakan, di mana MCB PLN menggunakan kode CL, sedangkan MCB toko menggunakan kode C.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan MCB PLN dan Toko, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.