Kamis, 10 Juni 2021

Perbedaan MCB Schneider Biru dan Orange, Wajib Tahu

Gimana kabarnya? Semoga Anda dan kita semua selalu dalam keadaan sehat. Di artikel kali ini, mimin akan menjelaskan perbedaan antara MCB Schneider biru dan orange.

Sebagaimana yang dipahami, MCB (Miniatur Circuit Breaker) adalah nama salah satu komponen listrik yang berfungsi sebagai pelindung dari lonjakan beban dan korsleting, serta sebagai pembatas daya listrik.

Di pasaran, MCB tersedia dalam beragam merk, satu di antaranya yang paling populer adalah merk Schneider yang diproduksi oleh Schneider Electric S.A.

MCB Schneider sendiri hadir dengan beragam variasi yang dibedakan berdasarkan nilai ampere, tujuan penggunaan, dan warna.

Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan membahas perbedaan MCB Schneider dalam hal warna, yaitu antara warna biru dan orange.

Tidak sedikit yang penasaran dengan MCB Schneider warna biru dan orange ini, apa sih bedanya?

Baiklah, berikut ini mimin jelaskan...

Perbedaan MCB Schneider Biru dan Orange



Untuk diketahui, MCB Schneider biru adalah MCB standar yang digunakan oleh PLN sebagai MCB utama pembatas daya dari listrik PLN sebelum masuk ke rumah.
 
Sedangkan, MCB Schneider orange adalah MCB yang disebut juga dengan MCB domae, digunakan sebagai MCB tambahan pembagi daya dari MCB utama.

MCB Schneider biru biasanya dipasang tepat di bawah kWh meter, sedangkan MCB Schneider orange dipasang di dalam rumah.

Pada MCB Schneider biru terdapat "MILIK PLN" yang menjadi pertanda bahwa MCB ini milik PLN dan hanya PLN yang boleh memasang atau membongkarnya.

Sedangkan, pada MCB Schneider orange terdapat tulisan "Domae" yang bisa dengan bebas ditambahkan oleh pengguna sesuai kebutuhannya.

Hanya itu saja kok perbedaannya.

Gimana, udah tahu kan perbedaan MCB Schneider biru dan orange? Jangan lupa lagi yah.

Sekian dulu pembahasan kali ini, bagikan agar orang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.