Minggu, 13 Agustus 2023

MCB Broco Vs Schneider, Ini Perbandingannya!

Ada banyak merk MCB yang beredar di pasaran, dua di antaranya yang sering dipakai adalah merk Broco dan Schneider. Bagaimana kualitas keduanya? Simak di sini perbandingannya.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan membandingkan dua merk MCB yang umum digunakan dalam instalasi listrik, yaitu merk Broco dan Schneider.

Seperti yang kita tahu, MCB merupakan salah satu komponen penting dalam instalasi kelistrikan, pemasangannya wajib dilakukan karena fungsinya sebagai pembatas daya dan pengaman instalasi.

Agar fungsi tersebut bisa berjalan seperti yang diharapkan, maka pemilihan merk MCB menjadi faktor yang patut diperhatikan karena kualitas antara satu merk dengan merk lainnya bisa berbeda-beda.

Para teknisi listrik akan selalu merekomendasikan untuk menggunakan merk-merk MCB standar yang telah lulus sekian uji kelistrikan dan dibuktikan oleh pengalaman pemakaian.

Sekaitan dengan itu, Broco dan Schneider merupakan dua merk ternama yang secara meyakinkan memenuhi kriteria tadi, karena ini pula PLN secara konsisten memakai keduanya sebagai MCB kWh meter di rumah-rumah pelanggan.

MCB Broco sendiri diproduksi oleh Broco Industries, sedangkan MCB Schneider diproduksi oleh Schneider Electric.

Dalam hal popularitas, kedua merk ini memang cukup bersaing di pasaran dan masing-masing telah membuktikan kualitasnya di masyarakat.

Lantas, bagaimana perbandingan dari keduanya? Baiklah, berikut ini ulasan lengkapnya...

MCB Broco Vs Schneider

Berikut ini adalah perbandingan antara MCB Broco dan Schneider yang masing-masing Mimin ambil dari situs resminya:

MCB Broco

MCB Broco memberikan proteksi optimal terhadap bahaya korsleting akibat pemakaian beban listrik berlebihan atau akibat dari kelalaian pemasangan elektrikal atau akibat dari kerusakan pemakaian alat eletrikal sekaligus mencegah terjadinya kebakaran.

MCB Broco dirpdouksi memenuhi standard produk internasional IEC 60898 sehingga kualitas dan keamanan produk dijamin sesuai dengan standard internasional.

MCB Broco juga sudah memperoleh sertifikasi SNI 04-6507.1-2002 dan diproduksi oleh Broco Electrical perusahaan yang telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam industri elektrikal dan telah memperoleh sertifikasi ISO 9001.

Berikut ini adalah bagian-bagian dari MCB Broco:

Keunggulan MCB Broco dibanding merk lainnya adalah:

  • Kontak Tetap dan Kontak Bergerak terbuat dari material yang memiliki pengantar arus listrik yang baik.
  • MCB Broco dilengkapi dengan Peredam Busur Api yang lebih sempurna, menjamin ketahanan MCB saat terjadi korslet/hubung pendek.
  • Memiliki Kumparan Magnetis untuk memutus arus listrik secara cepat saat terjadi korslet/hubung pendek.
  • Kumparan Magnetis terbuat dari Kawat Tembaga Enamel yang berpenampang cukup untuk dialiri arus listrik dan tahan terhadap panas.
  • Memiliki Elemen Bimetal berfungsi untuk membatasi pemakaian arus beban lebih.

MCB Schneider

MCB Schneider memiliki sebuah sistem yang bernama Acti 9 dengan QuickVigi sebagai komponen utamanya.

QuickVigi dirancang untuk melindungi instalasi dari kebocoran arus tanah yang kuat dengan cara yang cepat, mudah, dan langsung pada pemutus sirkuit.

Selain itu, MCB Schneider juga dilengkapi dengan teknologi EverPlug yang diterapkan dalam QuickVigi untuk memberikan instalasi yang sepenuhnya aman dan sesuai standar IEC.

Berikut ini adalah gambar bagian-bagian MCB Schneider:

Beberapa keunggulan MCB Schneider dalam instalasi listrik, antara lain:

  • QuickVigi dianggap sepenuhnya aman dengan sertifikasi internasional dan teknologi EverPlug.
  • QuickVigi telah melampaui persyaratan yang paling ketat untuk memberikan keamanan total selama masa pakai instalasi.
  • Teknologi EverPlug memberikan koneksi yang aman, tanpa menggunakan sekrup, dan sesuai dengan standar IEC.
  • Koneksi memiliki gaya kontak permanen sebesar 2 kilogram untuk koneksi tekanan tinggi.

Demikianlah perbandingan antara MCB Broco dan Schneider, pilihan ada di tangan Anda, tetapi secara umum kedua MCB ini sama-sama berkualitas kok.

Baca Juga: