Jumat, 30 Juni 2023

12 Volt Berapa Watt? Tergantung Arusnya, Ini Rumusnya!

Tahukah Anda 12 Volt itu sama dengan berapa Watt? Jawabannya bisa berbeda-beda karena besarnya bergantung pada oleh nilai arus yang dipakai. Yuk, pelajari cara menghitungnya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan menjawab salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan netizen di Google, yakni 12 Volt sama dengan berapa Watt.

Volt dan Watt sama-sama dikenal sebagai satuan kelistrikan, di mana keduanya digunakan untuk menyatakan dua besaran listrik yang berbeda.

Volt (V) untuk menyatakan besarnya tegangan atau beda potensial listrik, sedangkan Watt (W) menyatakan besarnya daya listrik.

Dalam kelistrikan, keduanya memang saling berkaitan, tetapi kita tidak bisa mengetahui secara langsung besarnya Watt hanya dari Volt tegangan listrik saja.

Untuk tujuan tersebut, maka dibutuhkan satu besaran listrik tambahan agar pencarian nilai Watt suatu tegangan memungkinkan dilakukan.

Besaran tambahan tersebut adalah arus listrik dengan Ampere (A) sebagai satuannya.

Nah, dengan kehadiran arus listrik, maka pencarian Watt daya sudah bisa dilakukan.

Bagaimana caranya? Baiklah langsung saja simak uraian berikut ini...

Rumus Menghitung Watt Daya

Ada sebuah rumus yang bisa digunakan untuk menghitung besarnya Watt daya, rumus ini sekaligus menunjukkan mengapa besaran arus listrik diperlukan.

Rumus tersebut adalah P = V x I, di mana P = daya listrik (Watt), V = tegangan listrik (Volt), dan I = arus listrik (Ampere).

Rumus ini menjelaskan bahwa untuk mengetahui Watt suatu daya, maka kita perlu mengalikan antara nilai tegangan (Volt) dan nilai arus listrik (Ampere).

Besar Watt dari 12 Volt

Dari rumus daya, bisa diketahui bahwa besar Watt dari 12 Volt akan berbeda-beda karena bergantung pada besarnya arus listrik yang digunakan.

Misalnya, arus listrik yang dipakai sebesar 0,5 Ampere, maka 12 Volt akan menghasilkan Watt sebesar:

P = 12 Volt x 0,5 Ampere = 6 Watt

Saat arusnya diperbesar menjadi 1 Ampere, maka 12 Volt menghasilkan Watt sebesar:

P = 12 Volt x 1 Ampere = 12 Watt

Kalau Arusnya 2 Ampere, Watt-nya menjadi:

P = 12 Volt x 3 Ampere = 36 Watt

Dari perhitungan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa besar Watt dari 12 Volt dipengaruhi oleh nilai Ampere listrik, semakin besar maka semakin besar pula Watt-nya, begitupun sebaliknya.

Kesimpulan

Jadi, tegangan 12 Volt akan menghasilkan nilai Watt yang berbeda-beda karena bergantung pada besar arus listriknya. Sebagai contoh, arus 0,5 A akan menghasilkan 6 Watt, 1 A menghasilkan 12 Watt, dan 2 A menghasilkan 36 Watt.

Demikianlah cara mencari 12 Volt itu sama dengan berapa Watt, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga: