Selasa, 22 Agustus 2023

Meteran Listrik Nyala Tapi Lampu Mati, Ini Penyebabnya!

Apakah lampu Anda sekarang ini sedang padam padahal meteran listriknya nyala? Kok bisa begitu yah? Gak usah bingung, yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengalaman dalam mengatasi lampu rumah yang mati tetapi meteran listrik tetap menyala seperti biasa.

Beberapa hari yang lalu, seorang kawan menghubungi Mimin via WA dan menanyakan perihal lampu di rumahnya yang mati, padahal saat itu tidak terjadi pemadaman listrik PLN.

Ia tahu bahwa listrik PLN tidak padam karena tetangga di sekitarnya tidak mengalami masalah serupa.

Mimin menyuruhnya untuk mengecek kondisi meteran listrik, apakah menyala atau tidak. Ternyata, meteran listriknya nyala, lampu indikatornya normal menandakan tidak ada masalah di metaran.

Oleh karena terasa sulit menjelaskan via WA, Mimin memutuskan untuk segera meluncur ke rumah si kawan untuk melihat langsung permasalahan listrik yang terjadi.

Sesampainya di sana, Mimin langsung coba untuk menyalakan lampu dan benar saja, tidak ada satu pun lampu yang bisa menyala.

Apakah listrik tidak masuk ke rumah? Untuk memastikannya, Mimin lakukan pengecekan ke stop kontak dengan tespen.

Ternyata, semua stop kontak juga tidak mengalirkan listrik, yang menandakan bahwa pasokan listrik PLN memang tidak masuk ke dalam rumah.

Mimin kemudian melakukan pemeriksaan menyeluruh, dan ketemulah penyebabnya. Pantas saja listrik tidak masuk ke rumah.

Setelah dilakukan perbaikan, akhirnya semua lampu dan stop kontak bisa berfungsi normal kembali.

Penting untuk diingat, dalam kasus seperti ini, proses perbaikan memang memerlukan waktu karena berbagai kemungkinan penyebab yang harus diidentifikasi dan diperiksa.

Nah, hal inilah yang akan Mimin jelaskan lebih lanjut kepada pembaca kali aja ada yang mengalami masalah serupa.

Baiklah, langsung saja simak uraiannya...

Penyebab Meteran Listrik Nyala Tapi Lampu Mati

Perlu diketahui, masalah atau gangguan pada instalasi listrik dapat menyebabkan lampu rumah mati, meskipun meteran listrik berfungsi normal.

Kondisi ini bisa terjadi akibat kabel yang putus, korsleting, atau mungkin komponen lain seperti MCB yang mengalami kerusakan.

Namun, penyebab yang paling sering terjadi adalah justru dari meteran listrik itu sendiri, utamanya pada meteran listrik jenis prabayar (token), di mana terdapat suatu kondisi arus listrik dari meteran tidak mengalir ke luar.

Oleh karena itu, penting untuk segera melakukan pemeriksaan secara menyeluruh guna mengidentifikasi sumber permasalahan.

Nah, berikut ini Mimin akan bahas lebih jauh serangkaian penyebab yang telah disebutkan di atas, kita mulai dari penyebab yang paling sering terlebih dahulu:

1. Meteran Listrik Bermasalah

Adanya masalah tertentu pada meteran listrik dapat menyebabkan lampu rumah dan peralatan listrik lainnya mati, meskipun pada saat itu meteran terlihat normal dalam keadaan menyala.

Masalah ini terutama sering terjadi pada meteran listrik prabayar (token), di mana banyak pengguna yang melaporkan bahwa lampunya mati tetapi meterannya nyala.

Pada kasus yang lebih ringan, masalah ini dapat diatasi dengan menekan kode-kode tertentu di kWh meter.

Namun, pada kasus kerusakan yang lebih parah, hanya bisa diatasi dengan melakukan penggantian kWh meter.

2. MCB Rusak

Sebelum masuk ke rumah, aliran listrik dari meteran akan masuk ke MCB (Miniature Circuit Breaker) terlebih dahulu.

MCB berfungsi sebagai pembatas arus dan pengaman distribusi listrik di dalam rumah dengan cara memutuskan arus secara otomatis saat terjadi arus atau beban berlebih.

Kerusakan MCB dapat menyebabkan terputusnya aliran arus, yang mengakibatkan seluruh peralatan listrik di dalam rumah kehilangan pasokan daya.

Oleh karena itu, jangan heran jika meteran listrik Anda tampak menyala normal, tetapi lampu di dalam rumah tidak berfungsi atau mati.

3. Korsleting

Korsleting atau hubung singkat adalah suatu kondisi dalam rangkaian listrik di mana dua jalur yang seharusnya terisolasi (tidak bersentuhan) secara tiba-tiba menjadi berhubungan atau bersentuhan.

Titik korsleting pada instalasi bisa terjadi di mana saja, namun paling sering pada titik-titik yang rawan seperti sambungan kabel, stop kontak, saklar, dan komponen lainnya dalam sistem listrik.

Ketika terjadi korsleting, MCB akan trip/jeglek mengakibatkan padamnya aliran listrik di dalam rumah, bisa sebagian atau bahkan seluruhnya.

Meteran listrik sih tidak akan terpengaruh dengan kejadian ini, sehingga bisa tetap menyala normal meskipun lampu di dalam rumah mati akibat listrik padam.

4. Kabel Putus

Ada kabel tertentu pada instalasi yang jika putus maka lampu dan seluruh peralatan listrik lainnya di dalam di rumah pasti mati, yaitu kabel yang keluar dari MCB.

Bisa disebut juga dengan kabel utama karena bermula dari kabel inilah seluruh percabangan instalasi dilakukan.

Jika titik putusnya tepat sebelum percabangan kabel, maka bisa dipastikan aliran listrik di dalam rumah langsung padam.

Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui serangkaian penyebab matinya lampu padahal meteran menyala, maka tentu saja kita sudah tahu yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Baiklah, supaya lebih mudah, berikut ini Mimin rincikan langkah-langkahnya:

  1. Mari kita mulai dengan meteran. Tekan kode "01" dan kemudian tekan "Enter". Jika masalahnya memang terletak pada meteran, biasanya setelah kode ini ditekan, semua lampu akan langsung menyala kembali.
  2. Jika lampu atau aliran listrik di dalam rumah masih mati, maka masalahnya kemungkinan bukan pada meteran. Mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya.
  3. Perhatikan tuas MCB. Apakah dalam posisi trip atau jeglek? Jika dalam posisi trip, coba kembalikan ke posisi ON. Jika lampu bisa menyala normal setelah itu, maka penyebabnya mungkin hanya trip sementara.
  4. Namun, jika tuas MCB kembali ke posisi OFF setelah diaktifkan, maka besar kemungkinan ada korsleting di dalam rumah. Segera cari titik korsletingnya dan lakukan perbaikan.
  5. Jika ternyata tidak ada korsleting yang ditemukan, maka bisa jadi MCB-nya yang telah rusak. Segera hubungi PLN untuk meminta penggantian MCB baru.

Setelah melakukan semua rangkaian pemeriksaan di atas, maka seharusnya lampu di rumah Anda sudah bisa menyala normal kembali.

Pada kasus si kawan Mimin di atas, ternyata penyebabnya hanya masalah ringan pada meteran listrik, jadi waktu itu Mimin hanya menekan kode "01" + Enter dan lampu langsung menyala normal.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi meteran listrik nyala tapi lampu mati, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga: