Senin, 31 Oktober 2022

MCB C32N Berapa Watt? Ini Penjelasannya

Terdapat MCB dengan kode C32N, tahukah Anda untuk berapa watt daya MCB tersebut? Gak usah bingung, yuk cari tahu penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi informasi tentang MCB, di mana MCB yang akan dibahas adalah MCB listrik dengan kode C32N.

Seperti yang kita tahu, MCB adalah alat pembatas daya sekaligus pengaman instalasi kelistrikan, fungsinya sama seperti sekring, memutuskan aliran jika terjadi lonjakan arus.

Meskipun bentuknya seragam, tetapi setiap MCB bisa berbeda dalam hal kemampuannya untuk membatasi daya.

Batasan daya tiap MCB itu bisa diketahui dengan melihat kode yang tertera pada body, umumnya kode-kode itu berupa kombinasi huruf dan angka.

Salah satunya adalah MCB dengan kode C32N, mungkin di antara Anda masih ada yang belum mengetahui makna dari kode tersebut.

Kode ini bisa dengan mudah ditemukan tertulis pada body MCB yang beredar di pasaran saat ini.

Lantas, MCB dengan kode C32N untuk daya berapa watt? Sebenarnya, pertanyaan ini keliru jika dimaksudkan untuk mengetahui peruntukan daya dari MCB ini.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak uraian berikut ini...

MCB Kode C32N

Untuk diketahui, kode C32N bukanlah penanda batasan watt MCB, tetapi kode ini memuat informasi nomor model dari MCB tersebut.

Kecuali, kita ikutkan lagi kode penyertanya, misalnya MCB C32N CL2, artinya MCB ini untuk daya 450 watt dengan arus kerja 2A (2 x 220 volt).

Coba saja cek MCB di pasaran, pasti ada banyak MCB yang memakai kode C32N, tetapi yang membedakan dari masing-masing MCB tersebut adalah kode penyertanya.

Contohnya, MCB C32N CL4 untuk daya 900 watt, MCB C32N CL6 untuk daya 1300 watt, atau MCB C32N CL10 untuk daya 2200 watt.

Karena sama-sama menggunakan kode C32N, maka semua MCB tersebut berasal dari keluarga model MCB yang sama.

Kesimpulan

Jadi, kode C32N bukanlah penanda batasan watt MCB, tetapi kode ini memuat informasi nomor model dari MCB tersebut.

Kecuali, kita ikutkan lagi kode penyertanya, misalnya MCB C32N CL2, artinya MCB ini untuk daya 450 watt dengan arus kerja 2A (2 x 220 volt).

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang MCB C32N, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.