Sabtu, 20 Januari 2024

Segini Watt Lampu LED 12 Volt

Ada rencana untuk memakai lampu LED 12 volt? Udah tahu belum berapa watt daya dari lampu ini? Nah, Mimin telah membahasnya di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi informasi seputar besaran watt daya yang dipakai oleh lampu LED 12 volt.

Kebanyakan dari kita mungkin lebih familiar dengan lampu-lampu LED yang bekerja pada tegangan listrik PLN 220 volt, karena memang jenis lampu inilah yang umum digunakan di rumah tangga.

Namun, perlu diketahui bahwa ada juga lampu LED yang berkerja pada tegangan listrik 12 volt jenis DC, berbeda dengan lampu LED 220 volt yang menggunakan tegangan AC.

Biasanya, lampu LED 12 volt ini dinyalakan dengan baterai atau aki, sehingga banyak digunakan oleh para pegiat panel surya yang memang dapat menghasilkan listrik DC.

Di pasaran, tersedia berbagai macam bentuk lampu LED 12 volt DC. Ada yang berbentuk bohlam mirip dengan lampu AC, dan ada juga yang berbentuk kotak memanjang.

Hanya saja, lampu LED 12 volt ini seringkali dijual tanpa menyertakan spesifikasi yang jelas. Hal ini banyak ditemukan pada lampu LED 12 volt rakitan yang tidak mencantumkan nilai watt daya yang dibutuhkan.

Lantas, bagaimana cara mengetahui besaran watt-nya?

Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Cara Mengetahui Watt Lampu LED 12 Volt

Sebenarnya, tidak sulit untuk mengetahui besarnya watt yang dibutuhkan sebuah lampu LED 12 volt, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Menggunakan Watt Meter DC

Watt meter DC adalah alat yang digunakan untuk mengukur konsumsi daya dari perangkat-perangkat listrik yang terhubung pada sumber tegangan DC.

Untuk menggunakan watt meter DC, cukup tempelkan probe watt meter ke kutub positif dan negatif lampu LED 12 volt.

Kemudian, hubungkan juga probe watt meter ke kutub positif dan negatif sumber tegangan, misalnya aki.

Selanjutnya, nyalakan lampu LED 12 volt, nilai watt yang tertera pada watt meter DC adalah besaran watt yang dibutuhkan lampu tersebut.

2. Mengukur Arus Listrik DC Lampu

Kalau Anda tidak memiliki alat Watt Meter DC, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah mengukur arus listrik DC yang mengalir pada lampu LED 12 volt.

Untuk mengukur arus listrik DC lampu, Anda dapat menggunakan multimeter dengan mode ampere DC.

Caranya, hubungkan probe multimeter digital ke kutub positif dan negatif lampu LED 12 volt.

Kemudian, nyalakan lampu LED 12 volt, nilai ampere yang tertera pada multimeter adalah arus listrik DC yang mengalir melalui lampu LED 12 volt tersebut.

Untuk mengetahui besarnya watt lampu, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

Watt = Arus DC x Tegangan DC

Misalnya, arus listrik DC yang terukur pada multimeter adalah 1 ampere, maka besarnya watt lampu LED 12 volt tersebut adalah:

Watt = 1 ampere x 12 volt = 12 Watt.

Jadi, daya listrik yang digunakan lampu LED 12 volt tersebut adalah 12 Watt.

Baca Juga:

Gimana, sangat mudah bukan?

Kesimpulan

Jadi, ada dua cara untuk mengetahui besarnya watt yang dibutuhkan lampu LED 12 volt, yaitu menggunakan alat Watt Meter dan mengukur arus listrik DC lampu.

Demikianlah penjelasan tentang cara mengatahui watt daya lampu LED 12 volt, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.