Kamis, 13 Oktober 2022

4+ Perbedaan Lampu LED Philips Essential dan My Care

Ada dua jenis lampu LED Philips yang beredar di pasaran, yaitu jenis Essential dan My Care, apa sih perbedaannya? Yuk, cari tahu di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membahas tentang lampu dari salah satu merk terkenal yakni Philips.

Sebenarnya, ada banyak jenis lampu listrik yang diproduksi Philips, dua di antaranya adalah jenis Essential dan My Care.

Mimin tertarik untuk membahas kedua jenis lampu ini, karena dari hasil pengamatan mimin, kedua jenis lampu inilah yang paling sering dibeli oleh masyarakat.

Apa sih perbedaan dari keduanya? Dari segi harga sih, keduanya sudah berbeda di mana Philips My Care sedikit lebih mahal daripada Philips Essential.

Di watt yang sama, harganya terpaut sekitar 3 - 4 ribu rupiah.

Namun, bukan hanya dari segi harga, mimin akan mengulas lebih dalam lagi perbedaan-perbedaan dari Philips Essential dan Philips My Care.

Baiklah, berikut uraian lengkapnya...

Perbedaan Lampu LED Philips Essential dan My Care

Berikut ini adalah empat perbedaan antara lampu LED Philips Essential dan Philips My Care:

1. Efisiensi Daya Philips My Care Lebih Baik daripada Essential

Perbedaan pertama ada pada segi efisiensi penggunaan daya di mana Philips LED My Care lebih efisien daripada Philips Essential.

Sebagai gambaran, 3 watt lampu Philips My Care setara dengan 25 watt lampu biasa, sedangkan 3 watt lampu Philips Essential setara dengan 20 watt lampu biasa.

Jadi, lampu Philips My Care lebih efisien sekitar 5 watt daripada Philips Essential.

2. Philips My Care Lebih Terang daripada Essential

Philips LED My Care juga berbeda dari segi tingkat produksi cahaya dengan Philips Essential yang ditandai dengan perbedaan nilai lumens dari keduanya.

Jika memakai contoh lampu 3 watt di atas, Philips My Care sanggup memproduksi cahaya sebanyak 230 lumens, sedikit lebih tinggi daripada jenis Essential yang hanya sekitar 200 lumens.

Sehingga, di watt yang sama, Philips My Care lebih terang daripada Philips Essential.

3. Philips My Care Lebih Hemat Energi daripada Essential

Dari segi penggunaan energi, Philips LED My Care diketahui lebih hemat energi daripada Philips Essential.

Pihak Philips mengklaim bahwa Philips My Care mampu menghemat energi sekitar 88%, sedangkan Philips Essential sekitar 85%.

Jadi, terdapat selisih sekitar 3% dari segi penghematan energi.

4. Philips My Care Lebih Tahan Lama daripada Essential

Dari segi ketahanan, Philips LED My Care jauh lebih unggul daripada Philips Essential dengan selisih lama penggunaan yang cukup signifikan.

Philips Essential bisa bertahan sekitar 8 tahun atau 8 ribu jam, sedangkan Philips My Care bisa jauh lebih lama dari itu, yakni sekitar 15 tahun atau 15 ribu jam.

Selain itu, Philips My Care juga mendapat klaim keunggulan tambahan, yakni sanggup bertahan hingga 50 ribu kali switches (menghidupkan dan mematikan), sedangkan Philips Essential tidak ada.

Lampu Mana yang Paling Baik?

Jika ditanya soal lampu mana yang paling baik, maka sudah pasti pilihannya adalah lampu LED Philips My Care dong.

Perbedaan-perbedaan di atas sudah cukup membuktikan bahwa LED Philips My Care lebih unggul daripada LED Philips Essential.

Hanya saja memang terdapat perbedaan harga yang mungkin jadi pertimbangan sebagian orang untuk tidak memilih Philips My Care.

Tapi, kalau menurut mimin sih, tidak ada ruginya membayar lebih karena kita bisa mendapatkan kualitas lampu yang lebih baik.

Namun, semuanya dikembalikan kepada pilihan pembaca masing-masing, karena pada dasarnya semua lampu yang diproduksi Philips sudah pasti berkualitas.

Penutup

Jadi, perbedaan antara lampu LED Philips Essential dengan Philips My Care, antara lain:

  1. Efisiensi daya LED Philips My Care lebih baik daripada Philips Essential
  2. LED Philips My Care lebih terang daripada Philips Essential
  3. LED Philips My Care lebih hemat energi daripada Philips Essential
  4. LED Philips My Care lebih tahan lama daripada Philips Essential

Demikianlah uraian tentang perbedaan antara lampu LED Philips Essential dan My Care, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga: