Kamis, 13 Oktober 2022

Apakah Listrik 450 Watt Bisa buat Las? Ini Penjelasannya

Baca ini dulu sebelum membeli mesin las, cari tahu apakah bisa digunakan pada listrik 450 watt. Simak penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan menjawab pertanyaan salah seorang pembaca tentang pengoperasian mesin las (welding) pada listrik 450 watt.

Kita semua tahu bahwa mesin las merupakan salah satu peralatan listrik berkebutuhan daya tinggi, berada pada kisaran ratusan watt, bahkan ada juga yang di atas 1000 watt.

Sangat banyak penjual mesin las di luar sana yang mengklaim produknya bisa dioperasikan pada listrik 450 watt.

Jujur, mimin sendiri agak sangsi dengan klaim tersebut, karena dengan melihat cara kerja dari suatu mesin las saja, rasanya tidak mungkin untuk beroperasi pada listrik 450 watt.

Dibutuhkan daya listrik tinggi untuk melelehkan dua buah logam agar bisa tersambung satu sama lain.

Meskipun begitu, mimin tetap penasaran ingin mencoba dan membuktikan apakah memang benar mesin las bisa bekerja di daya listrik rumah seperti itu.

Hal inilah yang mungkin ingin diketahui juga oleh pembaca sebelum memutuskan untuk membeli mesin las yang katanya bisa bekerja di listrik 450 Watt.

Baiklah, berikut ini uraian lengkapnya...

Mesin Las pada Listrik 450 Watt

Untuk diketahui, berdasarkan percobaan yang mimin lakukan, listrik 450 watt tidak bisa digunakan untuk mengoperasikan mesin las (welding), meteran listrik pasti trip/jeglek.

Kalau sekedar untuk menyalakannya saja mungkin bisa, tetapi ketika mesin las mulai bekerja untuk menyambungkan logam, maka langsung terjadi lonjakan daya tiba-tiba.

Alat pengukur daya (watt meter) mencatat, lonjakan itu bisa mencapai 671 watt dan di titik inilah mcb listrik 450 watt yang hanya 2 A langsung jeglek.

Padahal, semua alat listrik lain di dalam rumah telah dimatikan, semua daya difokuskan pada mesin las saja, namun tetap trip.

Berikut ini detail percobaan yang mimin lakukan:

Mimin menggunakan mesin las merk Genmaru Inverter Welding GMR-130A dengan tulisan 380 Watt pada body.

Mimin memilih mesin las ini karena banyak klaim yang mengatakan bahwa bisa digunakan untuk mengelas pada daya listrik 450 watt.

Mimin kemudian melakukan setting awal posisi ampere yang memadai digunakan untuk pengelasan, untuk mesin ini berada di angka 6 pada knop setting.

Mimin coba untuk melakukan pengelasan pada besi hollow dengan ketebalan 1,8 mm.

Ternyata, ketika digunakan mengelas, MCB di kWh meter langsung trip, mimin pun mengambil watt meter untuk mengetahui berapa daya listrik sebenarnya.

Pantas saja trip, karena ketika diukur menggunakan watt meter, hasil pengukuran menunjukkan terjadi lonjakan daya yang mencapai rentang 500 - 700 watt.

Meskipun semua alat listrik di dalam rumah telah dimatikan, daya listrik 450 watt tetap tidak mampu mengoperasikan mesin ini.

Daya Listrik Rumah Ideal untuk Mesin Las

Berdasarkan hasil percobaan di atas, mimin menyimpulkan bahwa daya listrik rumah yang ideal untuk menjalankan mesin ini adalah minimal 900 watt.

Itupun hanya bisa digunakan untuk pengelasan besi standar saja dengan ketebalan antara 1 mm - 2 mm.

Kalau hendak digunakan untuk pengelasan besi plat, maka sebaiknya menggunakan daya listrik minimal 1300 watt.

Dengan catatan, harus menggunakan meteran listrik khusus yang tidak terbebani dengan peralatan listrik lainnya.

Penutup

Jadi, klaim yang mengatakan bahwa mesin las bisa bekerja pada daya listrik 450 watt adalah tidak benar, daya listrik minimal yang dibutuhkan adalah 900 watt.

Demikianlah informasi tentang bisa atau tidaknya listrik 450 watt dipakai buat pengelasan, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.