Sabtu, 24 Juni 2023

Butuh MCB Listrik 900 Watt? Pakailah Merk Ini!

Apakah Anda sedang mencari MCB listrik untuk daya 900 Watt? Udah tahu belum ukuran MCB yang cocok? Nah, Mimin telah menjelaskannya di sini lengkap dengan rekomendasi merk yang bagus.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan membahas ukuran MCB untuk daya 900 Watt, termasuk pilihan merk MCB yang bagus dan tahan lama.

MCB atau Miniature Circuit Breaker merupakan salah satu komponen penting dalam instalasi kelistrikan, di mana komponen ini bertugas untuk membatasi arus atau daya sesuai kebutuhan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka MCB hadir dalam berbagai ukuran yang dinyatakan dalam satuan Ampere (A), mulai dari MCB 1 Ampere sampai dengan MCB ratusan Ampere.

Nilai Ampere inilah yang menjadi acuan dalam memilih ukuran MCB yang tepat.

Selain ukuran, penting juga untuk memperhatikan merk MCB yang akan dibeli karena terkait dengan kualitas dan ketahanan pemakaian.

Masalah-masalah kerusakan MCB seperti mudah jeglek, meleleh, atau bahkan terbakar, salah satunya disebabkan oleh pemakaian MCB yang tidak berkualitas.

Lantas, berapa ukuran MCB yang digunakan untuk daya listrik 900 Watt? Merk apa yang bagus?

Baiklah, untuk mengetahuinya, langsung saja simak uraian berikut ini...

Cara Menentukan Ukuran MCB

Dalam pemasangannya, ukuran Ampere MCB akan disesuaikan dengan nilai Ampere arus yang akan mengalir dalam instalasi.

Nilai Ampere arus instalasi dapat diketahui dari besaran daya yang digunakan, nilai tersebut bisa kita hitung dengan rumus:

Arus Instalasi (A) = Daya Instalasi (Watt atau VA) : Tegangan Listrik (V)

Nah, setelah nilai Ampere instalasi didapatkan, selanjutnya kita langsung mencari MCB yang senilai dengan itu.

Ukuran MCB Listrik Daya 900 Watt

Baiklah, sekarang mari kita praktekkan rumus di atas untuk mencari ukuran MCB listrik untuk daya 900 Watt.

Oleh karena tegangan listrik yang berlaku umum di Indonesia sebesar 220 Volt, maka besar arus instalasi pada daya 900 Watt adalah:

Arus Instalasi (A) = 900 Watt : 220 Volt = 4,09 Ampere atau 4 Ampere (pembulatan).

Jadi, besar arus yang mengalir dalam instalasi listrik 900 Watt adalah 4 Ampere, sehingga MCB yang akan digunakan harus seukuran itu pula, yakni MCB 4 Ampere.

Merk MCB 900 Watt yang Bagus

Ketika kita mengetikkan "MCB listrik 4 A" di kolom pencarian situs belanja online, maka akan langsung tampil berbagai pilihan MCB 4 A dengan beragam merk dan harga.

Kebanyakan dari kita mungkin akan langsung tertuju pada pilihan MCB termurah dan tidak terlalu memedulikan merknya.

Padahal, merk MCB erat kaitannya dengan kualitas, karena memang terdapat merk tertentu yang telah teruji ketahanannya di pemakaian sehingga dapat diandalkan.

Lantas, MCB merk apakah itu? Jika Anda tanyakan ini ke orang-orang kelistrikan, mereka pasti akan menjawab MCB merk Schneider dari Schneider Electric.

Yah, Mimin juga merekomendasikan merk ini, bahkan PLN sering memakai MCB dari Schneider ketika melakukan pemasangan instalasi listrik di rumah-rumah pelanggan.

MCB Schneider bisa dengan mudah ditemukan di seluruh situs belanja online, untuk daya 900 Watt langsung saja ketik "MCB Schneider 4 A" di kolom pencarian.

Harganya memang akan lebih mahal dari MCB merk lainnya, tetapi Anda tidak akan rugi membelinya karena sebanding dengan kualitasnya, MCB ini bisa bertahan puluhan tahun pemakaian.

Namun, Anda juga harus hati-hati dalam melakukan pembelian, karena sekarang ini telah banyak ditemukan MCB Schneider tiruan atau palsu.

Untuk membedakan MCB Schneider asli dan palsu, bisa Anda baca panduannya di sini: Perbedaan MCB Schneider Asli dan Palsu.

Atau, kalau Anda tidak mau susah-susah lagi memilih, maka langsung saja beli di toko langganan Mimin: Toko MCB Schneider 900 Watt.

Kesimpulan

Jadi, besar arus yang mengalir dalam instalasi listrik 900 Watt adalah 4 Ampere, sehingga MCB yang akan digunakan harus seukuran itu pula, yakni MCB 4 Ampere merk Schneider.

Demikianlah uraian tentang MCB listrik untuk daya 900 Watt, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.