Kamis, 15 Juni 2023

Ampere Fast Charging, Segini Besarnya!

Fast charging telah menjadi fitur penting pada sebuah smartphone. Udah tahu belum berapa besar Ampere arus yang dihantarkan oleh fitur ini? Di sini Mimin telah menjelaskannya dengan lengkap, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengetahuan seputar kekuatan arus yang dihantarkan pada pengisian daya fast charging.

Seperti yang kita tahu, kebanyakan smartphone keluaran terbaru sekarang ini telah mengusung teknologi fast charging.

Jika dulunya fitur ini hanya bisa ditemukan pada smartphone flagship atau high end, maka sekarang smartphone di kelas mid range pun telah banyak memakainya.

Teknologi fast charging memungkinkan pengguna smartphone tidak perlu menunggu lama saat melakukan pengisian daya baterai.

Sebagai gambaran, pada HP OPPO A77s punya Mimin, hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi daya baterai 50-70% dan 60 menit (lebih dikit) untuk mengisinya hingga full.

Pengisian secepat itu bisa dilakukan karena smartphone fast charging telah dilengkapi dengan charger berkekuatan arus tinggi.

Kekuatan arus itulah yang umum dinyatakan dengan Ampere.

Lantas, berapa Ampere arus pada fast charging? Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Ampere Fast Charging

Untuk diketahui, besaran Ampere arus fast charging dapat berbeda-beda pada setiap merk smartphone, karena bergantung pada teknologi fast charging yang digunakan.

Sebagai contoh, teknologi Qualcomm Quick Charge versi terbaru memiliki kekuatan arus sebesar 4 s.d. 5 Ampere dengan pengisian daya lebih dari 100 Watt.

Selain Qualcomm Quick Charge, berikut adalah beberapa teknologi fast charging lainnya beserta besar Ampere-nya:

  • USB Power Delivery (USB PD): Teknologi ini dapat mendukung arus pengisian hingga 5 Ampere atau lebih.
  • VOOC: Teknologi VOOC dari Oppo umumnya memiliki arus pengisian sekitar 3 s.d. 4 Ampere.
  • SuperVOOC: SuperVOOC, yang juga dikembangkan oleh Oppo, dapat memberikan arus pengisian yang sangat tinggi, mulai dari 5 s.d. 6 Ampere atau lebih.
  • Adaptive Fast Charging: Teknologi Adaptive Fast Charging yang digunakan oleh Samsung dapat memberikan arus pengisian hingga 3 Ampere atau lebih.

Kesimpulan

Jadi, besaran Ampere arus fast charging dapat berbeda-beda pada setiap merk smartphone, karena bergantung pada teknologi fast charging yang digunakan.

Sebagai contoh, teknologi Qualcomm Quick Charge versi terbaru memiliki kekuatan arus sebesar 4 s.d. 5 Ampere dengan pengisian daya lebih dari 100 Watt.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang besar Ampere pada fast charging, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.