Jumat, 30 Desember 2022

Charger HP Berapa Watt? Begini Cara Mengetahuinya!

Anda pasti punya HP atau smartphone, udah tahu belum berapa watt daya yang dipakai oleh charger HP tersebut? Nah, Mimin telah menjelaskan cara mengetahuinya di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan menjelaskan cara mengetahui daya listrik yang dikonsumsi oleh sebuah charger HP.

Seperti yang kita tahu, sebuah perangkat HP dilengkapi dengan charger yang berfungsi untuk mengisi daya baterai HP tersebut.

Beberapa charger HP memiliki kebutuhan daya yang berbeda-beda, tergantung pada merk HP dan kapasitas baterai yang digunakan.

Misalnya, pada HP dengan baterai kapasitas besar, maka charger yang dibutuhkan biasanya memiliki daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan HP berkapasitas baterai kecil.

Hal ini dikarenakan baterai yang lebih besar membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terisi penuh, sehingga charger yang dipakai juga harus memiliki daya yang lebih tinggi agar proses pengisian baterai dapat dilakukan dengan cepat.

Sebenarnya, ada cara yang lebih pasti untuk mengetahui berapa watt pemakaian daya charger yang kita punya, yakni dengan melihat nilai voltase dan ampere pada charger.

Nilai-nilai tersebut biasanya tercantum pada body charger, selanjutnya dengan sedikit perhitungan sederhana, maka daya charger bisa langsung diketahui.

Bagaimana caranya? Baiklah, langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Daya Listrik Charger HP

Untuk diketahui, jumlah watt yang dikonsumsi oleh perangkat charger sebuah HP bergantung pada nilai voltase dan kuat arus yang tertulis pada charger tersebut.

Misalnya, pada charger dengan voltase sebesar 5 volt, dan kuat arus listrik sebesar 2 A, maka daya listrik yang dipakai charger adalah 10 watt.

Nilai 10 watt di atas didapat dari hasil perhitungan menggunakan rumus daya, yaitu:

P = V x I

di mana P = daya charger (Watt), V = voltase charger (V), dan I = arus listrik charger (A).

Berikut ini bentuk perhitungannya:

P = V x I
= 5 V x 2 A
= 10VA atau 10 Watt

Perhitungan di atas sekaligus menunjukkan bahwa semakin besar voltase dan ampere sebuah charger, maka semakin besar pula daya listrik yang dikonsumsi, dan berlaku juga kebalikannya.

Biaya Listrik HP sekali Charger

Setelah mengetahui daya listrik charger, maka selanjutnya kita bisa menghitung biaya listrik yang dibutuhkan untuk mengecas baterai HP sampai penuh.

Tentu saja, besarnya biaya ini akan bergantung pada kapasitas baterai HP yang akan dicharger, karena semakin besar maka semakin lama pula waktu pengecasannya.

Misalnya, terdapat sebuah HP dengan baterai 3000 mAh, maka berarti dengan charger 10 W dibutuhkan waktu selama 2,5 jam untuk mengecasnya sampai penuh, daya listrik yang dikonsumsi adalah:

Konsumsi Listrik HP = daya charger x lama pengecasan
= 10 W x 2,5 jam
= 25 watt
= 0,025 kWh

Jika mengacu pada tarif listrik PLN yang berlaku sekarang di mana harga per kWh-nya sebesar Rp. 1352 - Rp. 1444, maka biaya listrik HP 3000 mAh sekali ngecas sampai penuh adalah 0,025 kWh x Rp. 1352 = Rp. 33,8 atau 0,025 kWh x Rp. 1.444 = Rp. 36,1.

Kesimpulan

Jadi, jumlah watt yang dikonsumsi oleh perangkat charger sebuah HP bergantung pada nilai voltase dan kuat arus yang tertulis pada charger tersebut.

Misalnya, pada charger dengan voltase sebesar 5 volt, dan kuat arus listrik sebesar 2 A, maka daya listrik yang dipakai charger adalah 10 watt.

Demikianlah penjelasan tentang daya listrik charger HP, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga: