Jumat, 30 Desember 2022

Saklar MCB Meteran Listrik Tidak Bisa ON? Ini Penyebabnya

Apakah saklar meteran listrik Anda bermasalah? Jeglek tetapi tidak bisa di ON-kan kembali? Tenang saja, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengalaman dalam mengatasi saklar meteran listrik yang tidak bisa ON.

Jadi, beberapa hari yang lalu Mimin diminta tolongin oleh tetangga untuk mengecek kondisi meteran listrik di rumahnya yang tidak bisa ON.

Katanya, saklar di meterannya OFF tiba-tiba mengakibatkan listrik padam, tetapi ketika ia hendak menghidupkan kembali, saklar tersebut tidak mau berpindah ke posisi ON.

Seperti yang kita tahu, pada bagian bawah meteran listrik PLN, terdapat saklar yang berfungsi untuk menghidupkan dan memadamkan aliran listrik di dalam rumah.

Sebenarnya, saklar ini adalah MCB, fungsinya sebagai pembatas dan pengaman aliran listrik dari lonjakan arus tiba-tiba.

Namun, karena cara kerjanya menyerupai saklar, maka banyak orang yang menyebutnya sebagai saklar juga.

Tuas kecil pada MCB ini memang dapat OFF secara tiba-tiba (trip/jeglek) ketika mendeteksi adanya lonjakan arus yang tidak diinginkan.

Efeknya, listrik di dalam rumah akan padam seluruhnya dan untuk menghidupkannya kembali maka kita harus mengubahnya ke posisi ON.

Mimin kemudian mengecek kondisi meteran listrik si tetangga dan benar saja tuas pada MCB meteran tidak mau berpindah ke posisi ON.

Kira-kira apa penyebabnya? Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Tanda ON OFF Meteran Listrik

Sebelum kita masuk ke penyebabnya, mungkin ada baiknya Mimin perjelas terlebih dahulu kepada pembaca mengenai tanda ON OFF pada meteran listrik.

Penting diketahui, tanda ON dan OFF meteran listrik disematkan pada bagian tuas MCB, yang masing-masing diwakili dengan simbol "I" untuk ON dan "O" untuk OFF.

Jadi, ketika Anda melihat simbol "I" pada tuas MCB, maka berarti meteran listrik Anda dalam keadaan ON.

Namun, jika yang Anda lihat adalah simbol "O", maka berarti meteran tersebut dalam keadaan OFF.

Posisi Saklar Meteran Listrik ON OFF

Selain tanda, penting juga untuk mengetahui posisi saklar MCB meteran listrik ketika sedang ON dan OFF.

Pengetahuan ini bisa berguna, khususnya di saat simbol ON OFF pada MCB sudah pudar atau tidak jelas lagi tampilannya.

Untuk diketahui, posisi saklar meteran listrik ON OFF bergantung pada cara pemasangan MCB-nya:

  • Jika MCB dipasang vertikal (berdiri), maka tuas ke atas berarti ON dan tuas ke bawah berarti OFF
  • Jika MCB dipasang horisontal (mendatar), maka tuas ke kanan berarti ON dan tuas ke kiri berarti OFF

Penyebab Saklar Meteran Listrik Tidak Bisa ON

Untuk diketahui, saklar meteran listrik yang tidak bisa ON seringkali disebabkan oleh adanya beban listrik yang terlalu tinggi, kerusakan instalasi listrik, atau bisa juga karena MCB-nya memang telah rusak.

Supaya lebih jelas, Mimin akan bahas lebih lanjut penyebab-penyebab tersebut:

1. Beban Listrik yang Terlalu Tinggi

Beban listrik yang melebihi daya yang tersedia dapat menyebabkan saklar MCB pada meteran listrik trip atau jeglek.

Misalnya, jika daya listrik rumah sebesar 900 VA (720 - 810 watt), tetapi penggunaan beban melebihi daya tersebut, maka sudah pasti saklar MCB langsung OFF.

Hal ini terjadi karena MCB sedang menjalankan fungsinya sebagai pembatas daya, fungsi ini akan aktif jika terdeteksi adanya beban listrik yang terlalu tinggi.

Selama pemakaian beban listrik tidak dikurangi, maka saklar meteran listrik akan sulit untuk di ON-kan.

2. Kerusakan Instalasi Listrik

Jika saklar listrik tidak bisa di ON-kan, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa sedang terjadi kerusakan instalasi listrik di dalam rumah.

Kerusakan yang paling sering terjadi adalah korsleting atau hubung singkat, umumnya pada kabel tetapi kadang-kadang juga terjadi pada komponen internal peralatan listrik.

Korsleting akan menyebaban lonjakan arus yang tidak diinginkan dan terdeteksi oleh MCB yang kemudian secara otomatis akan mematikan aliran listrik rumah (saklar OFF).

Selama kerusakan ini belum ditangani, maka saklar meteran listrik tidak akan bisa di ON-kan.

3. MCB Rusak

Selain kedua penyebab di atas, saklar meteran listrik yang tidak bisa ON bisa juga disebabkan oleh kondisi MCB yang memang telah aus atau rusak.

Akibatnya, tuas kecil pada MCB seringkali OFF padahal beban listrik di dalam rumah masih dalam batas normal dan tidak terjadi kerusakan instalasi listrik.

Jika kerusakan MCB sudah sedemikian parah, maka saklarnya tidak bisa berpindah ke posisi ON.

Cara Mengatasi Saklar Meteran Listrik Tidak Bisa ON

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Nah, untuk mengatasi masalah ini, terlebih dahulu kita harus melakukan proses identifikasi.

Kira-kira, mana dari 3 (tiga) penyebab di atas yang membuat saklar meteran listrik tidak bisa ON.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Matikan beberapa peralatan listrik di dalam rumah, cabut colokannya dari stop kontak.
  2. Kemudian, pindahkan saklar meteran listrik ke posisi ON, kalau bisa ON maka berarti memang beban listrik di dalam rumah terlalu tinggi.
  3. Namun, jika belum bisa ON, maka patut dicurigai sedang terjadi korsleting, bisa pada kabel dan bisa juga pada salah satu peralatan listrik.
  4. Untuk mencari titik korsleting, coba matikan semua peralatan listrik di dalam rumah, cabut colokannya dari stop kontak, jangan lupa untuk memposisikan saklar lampu ke OFF.
  5. Coba naikkan saklar meteran listrik ke posisi ON, kalau bisa ON maka berarti memang penyebabnya adalah korsleting.
  6. Sekarang, nyalakan satu per satu peralatan listrik di dalam rumah, cari peralatan yang ketika dinyalakan membuat saklar meteran listrik OFF kembali.
  7. Misalnya, ketika kulkas dicolokkan, saklar MCB langsung OFF, maka ini menunjukkan bahwa penyebab korsleting adalah kulkas tersebut.
  8. Segera perbaiki masalah korsleting pada kulkas, ikuti panduan ini: Listrik Mati saat Menyalakan Kulkas.

Biasanya, setelah melakukan semua langkah-langkah di atas, maka saklar meteran listrik rumah sudah bisa ON kembali.

Namun, jika memang tidak ada penggunaan beban listrik tinggi dan tidak juga terjadi kerusakan instalasi atau peralatan, tetapi saklar tidak bisa ON juga, maka besar kemungkinan MCB meteran listrik telah rusak.

Segera laporkan ke pihak PLN bahwa MCB rumah Anda rusak atau tidak bisa ON, petugas PLN akan datang ke rumah Anda untuk melakukan penggantian MCB.

Jangan coba-coba menggantinya sendiri karena hal tersebut bukan kewenangan Anda.

Jika dilakukan maka tindakan ini termasuk pelanggaran dan ada sanksinya, baca di sini: Sanksi Mengganti MCB Sendiri.

Kesimpulan

Jadi, saklar meteran listrik yang tidak bisa ON seringkali disebabkan oleh adanya beban listrik yang terlalu tinggi, kerusakan instalasi listrik, atau bisa juga karena MCB-nya memang telah rusak.

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi saklar meteran listrik tidak bisa ON, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.