Sabtu, 15 Oktober 2022

Apakah Kompor Listrik bisa Meledak? Tidak, Ini Alasannya

Ada pertanyaan yang masuk ke inbox mimin "Min, apakah kompor listrik bisa meledak?". Baiklah, simak penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan menjawab salah satu pertanyaan pembaca terkait penggunaan kompor listrik.

Jadi, beberapa hari yang lalu, seorang pembaca via inbox menanyakan tentang kemungkinan terjadinya ledakan pada kompor listrik induksi sebagaimana yang sering terjadi pada kompor gas.

Mimin rasa pertanyaan ini wajar, karena beberapa bulan terakhir publik diramaikan dengan wacana pemerintah mengenai konversi kompor berbahan bakar gas ke kompor berbahan bakar listrik.

Skemanya mirip dengan konversi kompor minyak tanah ke kompor gas pada tahun 2007 lalu, di mana masyarakat juga akan dibagikan kompor listrik secara gratis dari pemerintah.

Meskipun belum resmi diberlakukan, tapi masyarakat mulai mencari segala informasi tentang penggunaan kompor listrik induksi ini.

Salah satunya adalah terkait resiko penggunaan kompor listrik induksi, apakah bisa meledak seperti kompor gas?

Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Apakah Kompor Listrik bisa Meledak?

Untuk diketahui, potensi terjadinya ledakan pada penggunaan kompor listrik induksi sangat kecil, bahkan tidak ada, karena tidak adanya bahan-bahan yang bisa memicu terjadinya ledakan.

Berikut ini penampakan dari sebuah kompor induksi:

Sesuai dengan namanya, kompor ini menggunakan listrik sebagai "bahan bakar" untuk membangkitkan medan induksi, cara kerjanya mirip-mirip dengan microwave yang juga memakai medan gelombang.

Medan induksi itu selanjutnya akan mempengaruhi molekul-molekul besi pada panci atau wajan sehingga timbullah panas untuk memasak makanan.

Jadi, pada kompor listrik induksi, panasnya itu bukan berasal dari kompor, tetapi justru berasal dari panci atau wajan itu sendiri.

Kompor hanya bertugas untuk membangkitkan medan induksi.

Kalau Anda pernah belajar fisika, pasti Anda akan paham bagaimana cara kerja dari kompor listrik induksi ini dan mengapa sehingga bisa timbul panas.

Makanya disebut kompor listrik induksi karena terjadi medan induksi dari kompor ke panci atau wajan.

Jadi, jika ada di luar sana yang menyatakan bahwa kompor listrik bisa meledak, maka mimin tegaskan pernyataan itu tidak benar.

Kalau Terbakar, Gimana?

Ada juga yang bilang bahwa kompor induksi bisa terbakar, nah ini juga tidak benar, karena bagaimana bisa terbakar kalau tidak ada apinya.

Kompornya saja tidak panas, bagaimana mungkin bisa terbakar.

Satu hal juga yang harus diketahui pembaca, kompor listrik itu ada 2 jenis, yaitu kompor listrik biasa dan kompor listrik induksi.

Kompor listrik biasa itu menggunakan elemen pemanas sehingga kompornya yang panas, mirip cara kerjanya seperti rice cooker, tidak sama dengan kompor listrik induksi.

Berikut ini penampakan dari kompor listrik biasa:

Perbedaan ini harus diperjelas karena jangan sampai Anda salah memilih kompor listrik yang dimaksud oleh pemerintah.

Kompor yang diwacanakan oleh pemerintah adalah kompor listrik induksi, bukan kompor listrik biasa.

Kesimpulan

Jadi, potensi terjadinya ledakan pada penggunaan kompor listrik induksi sangat kecil, bahkan tidak ada, karena tidak adanya bahan-bahan yang bisa memicu terjadinya ledakan.

Demikianlah penjelasan tentang ada atau tidaknya potensi meledak pada kompor listrik induksi, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.