Jumat, 11 Maret 2022

Kode Reset Meteran Listrik Periksa, Begini Caranya

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di artikel kali ini mimin akan membagikan informasi tentang kode reset pada meteran listrik token yang muncul tulisan periksa.

Seperti yang kita tahu, meteran listrik prabayar (token) dijuluki juga sebagai meteran listrik pintar (smart meter) karena dilengkapi dengan indikator-indikator petunjuk jika terjadi masalah pada kelistrikan.

Salah satu dari indikator tersebut adalah munculnya tulisan periksa pada panel atau layar meteran listrik yang menandakan bahwa sedang terjadi masalah pada instalasi kelistrikan di dalam rumah.

Namun, biasanya setelah masalah itu terdeteksi dan teratasi, tulisan periksa tidak langsung hilang meskipun sebenarnya listrik telah berfungsi normal.

Tidak usah bingung karena memang bawaannya sudah seperti itu dan untuk menghilangkannya maka kita harus memberikan sedikit perlakukan yakni memasukkan kode reset pada meteran.

Apa kode resetnya? Baiklah, berikut ini mimin jelaskan...

Kode Reset Meteran Listrik Periksa

Tulisan periksa pada meteran listrik token bisa dihilangkan dengan cara memasukkan kode reset berupa deretan angka yang diketikkan pada tombol-tombol kwh meter.

Kode reset tersebut umum disebut dengan kode clear tamper dan hanya diketahui oleh pihak PLN tetapi pelanggan bisa mendapatkannya setelah sebelumnya membuat laporan terlebih dahulu ke PLN.

Laporannya bisa dilakukan melalui sambungan telepon ke call center PLN di nomor 123 atau bisa juga melalui aplikasi PLN mobile.

Kemudian, kode reset akan diberitahukan ke pelanggan beserta langkah-langkah penggunaannya.

Setelah kode tamper dimasukkan, maka meteran listrik bisa berfungsi normal kembali dan tulisan periksa sudah hilang.

Penyebab Munculnya Tulisan Periksa

Mengapa meteran listrik mengeluarkan tulisan periksa? Ada beberapa kemungkinan penyebab, antara lain:

  • Pengawatan (wiring) kWh meter terbalik.
  • Tutup terminal atau tutup kWh meter terbuka.
  • Ada indikasi penyalahgunaan listrik.
  • Ada indikasi gangguan pada instalasi rumah pelanggan.

Jadi, jika meteran listrik Anda di rumah muncul tulisan periksa, maka penyebabnya bisa salah satu dari yang disebutkan di atas.

Baca Juga:

Demikianlah uraian tentang kode reset meteran listrik periksa, bagikan informasi ini jika dirasa bermanfaat, terima kasih.