Senin, 01 Mei 2023

Boleh Kok 1 Rumah 2 Meteran Listrik, Ini Syaratnya!

Apakah boleh 1 rumah memakai 2 meteran listrik? Boleh-boleh saja kok, tapi ada syarat dan ketentuannya. Yuk, simak penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan membahas perihal pemasangan 2 meteran listrik dalam 1 rumah, termasuk cara pengajuannya ke PLN.

Kebetulan, beberapa hari yang lalu seorang kawan via inbox bertanya tentang ini.

Rencananya, si kawan ini ingin memasang daya baru di rumahnya yang terpisah dari daya lama, atau dengan kata lain memasang meteran baru.

Katanya, sambungan daya baru itu akan digunakan sebagai supply listrik bagi seluruh mesin pendingin usaha es batunya sehingga tidak membebani lagi meteran utama.

Bagus juga sih kalau dipisah gitu, sekaligus memudahkan perhitungan biaya listrik untuk keperluan usaha.

Lantas, apakah bisa memasang meteran listrik baru di rumah yang sudah ada meterannya?

Baiklah, untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Pemasangan 2 Meteran Listrik dalam 1 Rumah

Untuk diketahui, pemasangan 2 meteran listrik dalam 1 rumah bisa dilakukan dengan syarat meteran tersebut dipasang pada ruangan yang berbeda dan dipisahkan oleh sekat.

Ruangan itu nantinya akan dipasangi instalasi listrik baru + meteran baru yang terpisah dari instalasi listrik sebelumnya.

Sebagai contoh, terdapat sebuah rumah 2 lantai, di mana lantai 1 dan lantai 2 bisa memiliki meteran listrik berbeda karena keduanya bisa dianggap sebagai ruangan yang berbeda.

Bagaimana dengan rumah 1 lantai? Bisa, asal desainnya seperti bangunan rumah kost.

Rumah kost dengan banyak kamar bisa dihitung sebagai 1 rumah karena semua kamar berada dalam 1 atap, tiap-tiap kamar bisa dipasangi meteran listrik.

Kembali ke keperluan si kawan tadi, dia bisa juga memasang meteran listrik baru karena semua mesin pendinginnya berada di ruangan berbeda sehingga nantinya instalasi listriknya juga dibuat berbeda.

Cara pengajuannya ke PLN sama saja dengan permintaan sambungan baru seperti biasanya, pilih daya yang diinginkan pada meteran listrik kedua.

Kesimpulan

Jadi, pemasangan 2 meteran listrik dalam 1 rumah bisa dilakukan dengan syarat meteran tersebut dipasang pada ruangan yang berbeda dan dipisahkan oleh sekat.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang boleh atau tidaknya 1 rumah dipasangi 2 meteran listrik, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.