Sabtu, 12 Juni 2021

Inilah AC yang Cocok untuk Daya 450 Watt, Anti Jeglek

Gimana kabarnya? Semoga Anda dan kita semua selalu dalam keadaan sehat. Di artikel kali ini, mimin akan menginformasikan rekomendasi merk AC yang cocok untuk daya 450 watt.

Artikel ini sekaligus menjawab pertanyaan pembaca terkait bisa atau tidaknya pelanggan listrik 450 watt memasang AC di rumahnya.

Selama ini kita mengenal AC (air conditioner) termasuk ke dalam jenis peralatan berdaya listrik besar dan hanya mampu digunakan oleh listrik rumahan dengan golongan 900 watt ke atas.

Peralatan yang nilai penggunaan dayanya dinyatakan dalam satuan PK (Paard Kracht) ini seringkali menjadi pemakai daya terbesar dari semua peralatan listrik yang ada di rumah.

Sebagai gambaran, 1 PK setara dengan 735 watt, sangat besar bukan?

Karena ini pula, produsen mensiasatinya dengan membuat AC dengan daya listrik 1/2 PK atau setengah dari nilai penggunaan daya di atas, yaitu sekitar 367 watt.

Meskipun begitu, bagi pengguna listrik 450 watt, konsumsi daya AC 1/2 PK masih tergolong cukup besar.

Sebab, tidak mungkin peralatan listrik di rumahnya hanya AC saja, pasti ada juga perabotan listrik lainnya, seperti televisi, lampu, kulkas, dan lain-lain.

Jadi, bagaimana dong solusinya? Apakah bisa pasang AC pada listrik rumahan 450 watt tanpa jeglek?

Jawabannya bisa, tetapi Anda harus cermat memilih jenis AC yang cocok.

Langsung saja simak uraian di bawah ini...

Kriteria AC yang Cocok untuk Daya 450 Watt


Jenis AC yang cocok untuk daya listrik 450 watt adalah AC 1/2 PK low watt dengan teknologi inverter.

AC inverter memiliki mekanisme kerja kompressor dengan kecepatan motor yang dinamis sehingga memungkinkan terjadinya efisiensi penggunaan listrik.

Setelah suhu setting tercapai, konsumsi listrik menurun karena kompressor secara otomatis memperlambat motornya hanya sebesar yang diperlukan untuk mempertahankan suhu.

Hasilnya, lebih hemat listrik.

Mencari AC dengan kriteria yang disebutkan di atas gampang-gampang susah sebab terkadang ada AC low watt tetapi tidak menggunakan teknologi inverter.

Kadang juga, ada AC inverter, tetapi wattnya dirasa masih agak tinggi, bahkan ada yang mendekati 400 watt untuk 1/2 PK.

Apakah memang tidak cukup dengan AC low watt saja? Kalau dihitung-hitung, AC low watt memang bisa dipasang pada listrik 450 watt.

Misalnya, berdasarkan penelusuran mimin, terdapat AC dengan daya 260 watt namun tanpa inverter, ini termasuk yang terendah di kelas 1/2 PK.

Jadi, masih ada sekitar 190 watt yang bisa digunakan untuk menyalakan peralatan listrik lainnya.

Kekurangannya adalah jika tanpa inverter, maka ketika beroperasi, AC akan selamanya mengkonsumsi daya sebesar 260 watt, meskipun suhu yang disetting telah tercapai.

Jika menyala selama 6 jam, maka selama itu pula AC menggunakan listrik 260 watt.

Hal ini disebabkan oleh kecepatan motor kompressor yang cenderung tetap.

Lumayan boros bukan?

Berbeda jika memakai inverter, penggunaan daya akan terus menurun di bawah 260 watt seiring dengan tercapainya suhu tadi karena kompressor memperlambat motornya dan mempertahankan suhu.

Jadi, jika 1 jam pertama suhu remote telah tercapai, maka 5 jam berikutnya AC akan bekerja dengan daya minimal.

Apalagi jika suhu ruangan memang sudah rendah, misalnya sedang hujan atau malam hari, maka suhu setting lebih cepat lagi tercapai.

Sangat hemat bukan?

Oleh karena teknologi inverter menjadi syarat wajib demi efisensi listrik, maka contoh AC di atas tidak mimin rekomendasikan meskipun low watt.

Solusinya, cari di antara semua AC inverter dengan watt paling rendah. Rata-rata memang di atas 300 watt, tetapi itu lebih baik dibandingkan AC 260 watt tanpa inverter.

Kalau begitu, merk AC apa dong yang cocok?

Nah, masih dari hasil penelusuran mimin, ada 1 merk AC yang mimin rasa cocok dengan spesifikasi mendekati kriteria yang kita tetapkan di atas.

Berikut ini rekomendasinya...

Merk AC yang Cocok untuk Daya 450 Watt



Berdasarkan pilihan terbaik mimin, AC yang cocok untuk daya listrik 450 watt adalah AC 1/2 PK Daikin FTKC15TVM4 flash inverter.

AC Made in Thailand ini menggunakan daya sebesar 310 watt ketika pertama kali dinyalakan dan konsumsi dayanya akan turun ke 130 watt ketika suhu remote tercapai.

AC ini juga telah dilengkapi dengan fitur Mode Econo, yang berfungsi untuk membatasi arus kerja maksimum dan konsumsi daya sampai 70%.

Kecanggihan lainnya yang tersemat pada AC ini, antara lain:

  • memiliki fitur 3D air flow yang bergerak secara horizontal dan vertikal secara bergantian.
  • memiliki fitur Intelligent Eye. sensor inframerah yang mendeteksi gerakan manusia di zona kiri, kanan dan tengah.
  • memiliki fitur Senyap yang dapat menurunkan tingkat kebisingan sampai 7 hingga 10 dB(A).

Dengan uraian spesifikasi di atas, maka AC ini sangat bisa bekerja dengan normal pada rumah dengan listrik 450 watt dan tidak membuat kWh meter jeglek.

Mimin tidak dibayar sepeser pun juga karena merekomendasikan AC ini, mimin hanya tergerak untuk membantu Anda mencari AC yang cocok untuk daya listrik 450 watt. 

Baca Juga:


Kesimpulan


Jadi, AC yang cocok untuk daya 450 watt adalah adalah AC 1/2 PK low watt dengan teknologi inverter, contohnya AC Daikin FTKC15TVM4.

Gimana udah tahu kan merk AC yang cocok untuk daya 450 watt? Terima kasih, semoga bermanfaat.